Sabtu, 08 Desember 2018

PROPOSAL TUGAS AKHIR


PROPOSAL PENYUSUNAN TUGAS AKHIR
DESAIN STRUKTUR GEDUNG RUMAH SAKIT 9 LANTAI










Disusun Oleh :
Nazirah Nurul Annisah Syarif
15316373
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018






BAB 1
PENDAHULUAN


1.1          Latar Belakang
Rumah sakit merupakan bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan, penyembuhan penyakit dan pencegahan penyakit kepada masyarakat. Rumah sakit juga merupakan pusat pelatihanbagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik. Rumah sakit harus dibangun, dilengkapi dan dipelihara dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan pasiennya serta harus menyediakan fasilitas yang lapang dan terjamin bagi kesembuhan pasien.
Menurut  Peraturan  Menteri  Kesehatan  Tahun  1988  Nomor  159b, Rumah sakit biasanya dibedakan menjadi dua jenis:
a. Rumah sakit umum
b. Rumah sakit khusus
Rumah sakit umum yang dipergunakan sebagai wahana pendidikan diistilahkan sebagai “Teaching Hospital“ atau Rumah Sakit Pendidikan (RSP) yang bisa didefinisikan sebagai rumah sakit pemerintah atau swasta yang bekerjasama dengan sebuah perguruan tinggi pemerintah atau perguruan tinggi swasta yang menginteraksikan Fakultas Kedokterannya kedalam kerjasama. RSP merupakan tempat dihasilkannya sumber daya manusia dibidang kesehatan yang merupakan sarana pendidikan untuk melaksanakan upaya menumbuhkan dan membina sikap, keterampilan profesional kedokteran khususnya, sebagai tempat penelitian, penapisan ilmu, pengenalan teknologi kedokteran dan kesehatan.


            Menurut SNI Gempa 2012 struktur gedung Rumah sakit harus memiliki kekuatan 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan gedung-gedung lainnya. Hal ini dikarenakan gedung Rumah sakit harus tetap berdiri setelah mengalami kondisi extreme, gedung hanya boleh mengalami kerusakan tanpa mengalami keruntuhan.
            Perancangan struktur gedung Rumah sakit dipengaruhi oleh fungsi setiap ruangan. Adapun fungsi tersebut mempengaruhi beban rencana yang akan diterima oleh struktur. Besarnya beban yang diterima suatu elemen struktur akan mempengaruhi dimensi elemen struktur tersebut.Dalam Laporan Tugas Akhir ini dilakukan analisa perencanaan struktur untuk Rumah sakit 9 Lantai menghasilkan suatu bangunan yang aman, nyaman, kuat, efisien, ekonomis dan sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) sebagai acuan. Suatu konstruksi gedung harus mampu menahan beban dan gaya-gaya yang bekerja pada konstruksi itu sendiri, sehingga bangunan atau struktur gedung aman dalam waktu yang direncanakan.

1.2       Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam tugas akhir ini adalah:
1.     Bagaimana membangun struktur gedung rumah sakit 9 lantai yang aman terhadap beban-beban yang terjadi, tanpa mengabaikan faktor keamanan yang menyangkut kekuatan dan kestabilan struktur.
2.     Bagaimana memperhitungkan struktur gedung dan gaya pada gedung rumah sakit 9 lantai dengan beban-beban yang direncanakan.

3.     Bagaimana merencanakan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Rencana Kerja dan Syarat (RKS) untuk gedung rumah sakit 9 lantai.


Untuk lebih lengkap, LINK:
PROPOSAL TUGAS AKHIR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar